Buscar

Jumat, 01 Februari 2013

Tata Krama dalam Berdo'a



Dalam tata krama berdo'a, Imam Ghazali telah menjelaskan dalam kitab Ihya'Ulumuddin secara rinci bahwa dalam berdoa'a itu ada 10 hal tata-krama yang harus di penuhi, untuk mengharapkan pengabulan do'a yang kita panjatkan kepada Allah Subhanahu  Wa Ta'aala. Adapun 10 tata-krama dalam berdo'a itu adalah :


1. Pilihlah waktu yang mulia. misalnya pada bulan Ramadhan, hari jumat, 'Arofah, waktu sahur (sepertiga malam yang terakhir ) dan lain-lain

2.Dalam keadaan berkhidmat, misalnya diwaktu sujud dalam shalat, ketika hati tenang dan bersih dari gangguan-ganguan syetan.

3. Menghadap kiblat sambil mengangkat kedua tangan.

4. Merendahkan suara dan mengharap sepenuh hati.

5. Susunan kalimatnya tidak bersajak, cukup denagan kata-kata dan bahasa yang sederhana, asalkan menunjukan kerendahan hati. Tidak perlu di  lagukan atau memakai irama untuk itu di utamakan memakai do'a-doa' berasal dari Rasulullah, sahabat dan tabi'in.

6. Peracaya dengan penuh bahwa do'a nya itu pasti dikabulkan, tidak kecewa atau gelisah dalam menunggu dikabulkannya do'a.

7. Dengan hati kusyu' dan tenang.

8. mengawali doa dengan membaca basmalah, sholawat dan salam atas nabi Muhammad SAW, pada awal dan akhir tahun

9. Mengulangi beberapa kali do'anya dengan tidak berputus asa.

10. Melaksanakan adab bhatin yang menjadi sebab-sebab di kabulkannya do'a, yakni bertaubat sebelum memohon dan menghadap langsung kepada allah.   
   Demikaianlah 10 tata krama dalam berdoa.

Comments
0 Comments
Sumber : http://deebacalah.blogspot.com/2012/11/cara-membuat-komentar-facebook-di-blog.html#ixzz2K6fnwhw8

0 komentar:

¿Te animas a decir algo?

 
alsepri adha | Copyright © 2011 Diseñado por: alsepriadha | Con la tecnología de: Blogger